Powered by Blogger.
RSS

Journey to Panderman Mountain. Part 2

PART 2:

Akhirnya, gue, fiul dan ian turun lagi ke tanjakan cinta pertama tapi masih naik motor juga, soalnya lumayan jauh juga. Naik motor itu sambil terus miscall hape fiul, masih aktif. Ini berarti belum ada yang nemuin ini. Sampai kita bertiga di tempat yang tadi nungguin muklis ma ucil. Disitu ada got lumayan gedhe, “mungkin jatuh disitu ul” kataku sambil megang supri. Si fiul nggak ngerespon omongan gue, dan dia mencari di got itu. Hape, kalau udah nyemplung gak akan aktif lah, langsung death, ini kan masih idup, dasar piul.

Gue sebenernya ngerasa bersalah banget, ngajak fiul buat main-main kayak gini, tapi kalau nggak ada piul gue sendirian, nggak ada temen gosip, LOH.. gue takut, kalau sampai hape piul ilang, ibuk piul pasti nggak ngerestui hubungan kita, ohh ini ngawur.. pasti ibu piul nggak ngebolehin piul main sama gue lagi, gue pasti bakal diusir dari rumah piul kalau ketahuan main kerumah dia. Oh GOD, Help we.

Gue juga ngerasa bersalah banget sama 3 cowok itu, dari awal gue udah bikin masalah, kelupaan bawa tanda terima dari persewaan, datangnya telat juga, sekarang harus nunggu dan bantu nyari hape temen gue yang ilang. #ironi.

Oke, kita yakin ditempat itu nggak ada, jadi kita kebawah melewati tanjakan cinta pertama. Kalau sampai sini nggak ketemu berarti jatuh ke jurang. Soalnya di pinggir jalan tanjakan cinta itu udah jurang, tebing gitu. Tapi piul masih pengen tetep nyari, dan [osisi berganti. Dia nyetir, gue digonceng. Sampai di kampung bawah, deket SD MI kok ada yang angkat hape fiul. Alhamdulillah. Akhirnya saya tanya ibu ada dimana, kata ibunya rumahnya deket SD. ALHAMDULILLAH, sujud syukur kita deket berarti. Terus gue tanya sama ibu-ibu yang buka toko, tanya SD apa gitu lupa gue namanya, itu apa yang didepan ini bu? Ternyata SD didaerah situ ada 3 SD. #JLEB

Akhirnya kita bertiga tetep turun lagi kebawah,jangan2 SD nya ada dibawah. Pas kebawah kenapa ini jalan mau ke Jatim Park, ARGHH Bego.. tanya sama bapak-bapak ojek, akhirnya dikasih tau SD itu ada setelah tanjakan cinta pertama. This is crazy, dari pada lama-lama langsung aja meluncur ke TKP. Tiba di tanjakan cinta, kita masih hati-hati lihat ada SD apa nggak, ternyata ada. Bingo.. gue turun lagi, tanya ke ibu-ibu disitu rumahnya pak puh atau kepala desa dimana, soalnya kata ibu yang nemuin hape fiul itu masih saudara sama pak puh di desa itu. Akhirnya kita jalan nyari rumah pak puh, dan Subhanallah rumah bapak dan ibu yang nemuin hape itu deket banget sama penitipan motor. Jalan aja udah nyampek. #NYESEK.. Bapak penemu hape, pekerjaan sehari-harinya adalah tukang kayu dan tukang rumput. Alhamdulillah mereka masih jujur, mau menyimpan dan dikembalikan ke pemilik semula. Terima kasih pak, bu berkat anda, gue nggak bakal ditentang lagi hubungan sama piul, toh selama ini ibu piul jg baik ke gue. Demi apaaahh?? Itu bohong banget guys.. yang jelas, gue lega, hape piul terselamatkan, meskipun batrenya sekarang tinggal dikit, karena gue miscall terus sampe mau low, kwwkkwkwkwwk...

Tiba lagi di penitipan motor, yang jaraknya hanya 25 meter dari rumah bpak penemu hape tadi, supri gue taruh, gue elus-elus supaya nggak nakal. Temen-temen udah siap-siap juga. Let’s go to the trip panderman. Kita berlima mulai berjalan kaki, dengan menenteng perabotan untuk keperluan camp, semua pada ribet bawa barang.

Kira-kira 6menit berlalu, gile ngos-ngosan gue. Gue takut udah nggak kuat. Ini kan masih deket sm pak penitipan. HADOHH.. Capek, apa lagi gak pernah olahraga. Si piul juga gak kalah capeknya, udah keliatan krudungnya mau bolong soalnya tanduk udah mulai keluar dari kepalanya. #KABUURR..

Dengan bismillah, gue bertekad bisa sampai puncak. Ya, ketinggian panderman sekitar 2000meter. Itu masih belum apa-apa dibanding dengan Semeru dan Arjuno. Si ucil, dengan badan yang kecil, slim, enteng, dia sudah berhasil mencapai istana raja jahat, oh keliru itu dongeng ya, si ucil udah sampai pertigaan jalan, bukan jalan di dinoyo, tapi di hutan panderman. Dia menunggu keempat manusia yang agak kelelahan juga bingung memilih jalan persimpangan ini. Si muklis yang tau jalannya.

Akhirnya sampai juga di setengah perjalanan. Ini tanjakan cinta kedua Ini medan yang cukup sulit, karena jalan berpasir, berdebu, dan sedikit longsor. Kami merangkak layaknya cicak berjalan di atas minyak, kita terseok-seok dengan memakan tanah yang kita injak, hampir aja tanahnya abis di makan ian. #ups. Gue sempet ngeliat ular yang masih kecil, jalannya cepet banget, dan gue takut. Arghh,, tapi akibat itu, gue jadi cepet manjatnya, dan piul terus manggil gue “kak, ikak tungguin, jangan cepet-cepet, debumu banyak lo”, oh iya kalau cepet-cepet debunya jadi banyak kasian yang dibawah, haha.. Setelah berhasil, manjat tanjakan cinta kedua kita masih terus naik sampai ada dataran tempat untuk berkemah. Katanya ini tinggal dikit lagi dan kita sudah berada di dataran tersebut.

Ternyata benar, terlihat dataran yang sedikit luas, cukup untuk beberapa tenda disini. Dan terlihat monyet-monyet bergelantungan, saling melihat dubur temannya, gila kenapa ya?? Tanya aja sama ian, #LOH.. Keliatan juga, rumah warga yang tadi, kawasan Batu, Subhanallah, so sweet..

Akhirnya saatnya memasang tenda dome. Biarlah cowok-cowok yang berpikir, gue sama piul ngeliat aja, kalau mereka udah pada berantem, baru kita bantuin. :D
Akhirnya tenda jadi. lega. Barang dimasukin semua atas perintah mama ian, persiapan untuk memasak, masak mie kuah, aseek.. Tapi sebelum itu kita sholat dhuhur dulu, sudah pukul 14.30. hampir telat.

ini tenda waktu pagi, hari ke-2

Akhirnya malam pun tiba. Terlihat pemandangan kota batu dari atas gunung panderman. Ada satu lambu taman yang keliatan dari atas membentuk hati, wweew imajinasi gue bagus banget emang. Terus di langit, bermunculan bintang-bintang, rasi bintang, Ya ALLAH, serasa pengen ngambil bintang itu. Saatnya jagung bakar pun di bakar, haha dengan perapian seadanya jagungpun bisa juga matang. Eumm, wenaak juga ternyata. Kita berlima melihat pemandangan kota batu dan pemandangan alam yang nyata, terlihat lampu-lampu berjalan, menaiki lereng gunung, para pendaki masih ada yang baru mendaki. Kereen. Daerah tenda kamipun akhirnya dipenuhi juga dengan para rombongan pendaki lain.

Bintang bertambah banyak, tapi sayang bulan gak muncul soalnya tanggal tua. Dingin mulai menusuk daging, masuk ke tulang, #alay.. Jam setengah 11 malam. Akhirnya ngantuk pun tak tertahan. Kita tidur dalam 1 tenda besar, 3 menyamping, 2 berjajar. Gue termasuk menyamping bersama piul dan ian. Sebenarnya gue takut, kenapa sebelah gue ian, entah kenapa, pokonya gue takut. ^^v si ucil dan muklis, dengan mesra tidur berdua berjajar. Ngakakak..

Gue gak bisa tidur, soalnya tetangga sebelah, alias tenda sebelah masih melek, gitaran berapapun lagu dinyanyiin semua. Anak-anak SMP yang lagi kemah juga masih rame semua. Ohh noo,, gue butuh istirahat. Setelah gue mencoba untuk menidurkan mata ini, eh gue terbangun dengan posisi gue berada di posisi bawah alias merusut dari tempat semula. Gue taruh posisi gue kesemula, dan lagi-lagi merosot lagi. Ouchh,, tiba sampai jam 3 pagi. Si muklis udah bakar-bakar, si ian malah boker, aseem, gue denger semua pembicaraan kalian guys, piul kedinginan sambil ngeluarin suara “brrrrrr” si ucil nggak ngerti kayknya dia enjoy banget deh tidurnya.

Jam 4 gue bangun, bintangnya tambah banyak, keliatan venus juga, bulan juga ada, tapi bulannya separo soalnya tanggal tua. :D

Jam 5 kita sholat subuh, setelah itu lihat sunrise bagus banget. Awan yang menutupi kota batu masih terlihat, kereen, lagi-lagi harus mengucap Subhanallah, itu kapuk bantal empuk banget. Pengen rasanya melompat, tapi nanti argghh hentikan imajinasi khayal itu. Cukup dengan melihat, kita sudah puas. Dan momen itu dihabiskan banyak oleh ian. Dia minta foto kesana kesini, oh no, tapi bagus banget emang. Sayang dia gak bisa foto kayak yang gue pengen. -.-“

Lanjut ke trip berikutnya, ke puncak yang sebenarnya. Jarak kurang lebih 1jam perjalanan dengan rute mendaki dengan 120 derajat. Medannya joz banget emang, sandal yang gue pakai putus, itu sandak cinta gue, udah lama pakai itu, bolang-bolang pakai itu, gak sakit kalau buat manjat, kayak sandal merek terkenal EIGER, tapi ini bukan eiger dan putus. Akhirnya si ucil dengan rela memberikan sandalnya dan dia nyeker mulai pergi sampai pulang. Hikz, thx cil..

Akhirnya sampai juga di puncak tertinggi. Keliatan gunung putri tidur, tapi dengan jarak yang dekat, tidak seperti putri tidur, agak aneh emang. Awan yang menyelimuti kota batu masih sangat indah. Hari ini, kita akan pulang ke Malang.

Turun dari puncak, dengan indahnya tinggal merusut dari atas kebawah. Sering kali piul jatuh duduk, aduh itu sakit gak ya, gue juga sih tapi sekali. Haha. Istirahat bentar di watu gedhe, terus capcus lagi ke bawah ke camp. Siap-siap makan dan capcus pulang. Pulang emang hal yang dinanti, tapi berpisah dengan alam sesuatu yang cukup mengharukan, ceileee..

Yap,, perjalanan pulang pukul 11.30 dengan perabotan yang masih cukup banyak, entah ini padahal mie, jajan semua udah habis tp masih banyak aja. Yang paling parah, panci punya piul, yang sebelumnya pantatnya mulus WEEW banget, sekarang jadi gosong OH NO banget. Maafin kita ya piul.. haha..

Haduh, turun juga capek, naik juga capek, terus apa dong yang gak capek, turu ndek omah. Rasanya panas, capek, hadooh pengen beli es campur, es buah, es degan, es teler, es doger, es teh, apa aja boleh deh yg penting seger. Tiba di air sumber, udah jauh banget tu sama puncak panderman. Kita disitu cuci muka, cuci kaki, tangan, semuanya deh, sampai gue minum air sumber itu juga. Seger bangeet.. :D Si piul takut mau minum. Padahal seger banget.

Tinggal setengah jam lagi, kita hampir sampai rumah pak penitipan. Horee.. perjalanan 2 hari 1 malam cukup membuat pengalaman yang bagus..

Setibanya dirumah, gue mandi, masukin baju kotor + sepatu, kaos kaki, tas juga pada coklat semua kena tanah. Dan hidung gue mulai berinteraksi, rasanya udah lama kotoran ini gak dibuang, pas gue aduk-aduk ternyata isinya item saudara. Ahhh ini pasti kena bakar-bakar kemaren, jadinya item deh didalem, asem. Hahaa..

Oke, thx for reading, maybe next journey can be challenge... J